0

Tips dan Fakta-fakta Menarik Seputar MySQL

Posted on

MySQL merupakan open-source relational database management system yang paling populer saat ini dan telah diunduh sebanyak 100 juta kali. Banyak sekali situs-situs web besar yang juga menggunakan MySQL seperti, Facebook, Twitter, Wikipedia, Youtube, dll. Yuk simak beberapa tips dan fakta menarik tentang MySQL di bawah ini.

  • MySQL mendukung hingga 64 indeks per tabel. Setiap indeks terdiri dari 1 hingga 16 kolom. Ukuran indeks maksimum adalah 1000 byte (767 untuk InnoDB).
  • Ukuran maksimum baris dalam tabel MySQL adalah 65.535 byte. Dan value maksimum dari Signed Integer-nya 2.147.483.647 dan value Unsigned Integer adalah 4.294.967.295. Dalam tabel campuran yang menggunakan CHAR dan VARCHAR, MySQL akan mengubah CHAR menjadi

VARCHAR secara otomatis.

  • Jika indeks PRIMARY KEY atau UNIQUE hanya terdiri dari satu kolom yang memiliki tipe integer, kamu bisa menuju kolom dengan mengetik “_rowid” dalam opsi SELECT.
  • Untuk mengubah value AUTO_INCREMENT, gunakan “ALTER TABLE <Tablename> AUTO_INCREMENT = value;” atau “SET INSERT_ID = value;”.
  • Untuk merubah MySQL supaya tidak diakses secara publik, gunakan opsi “skip-networking” dalam file configuration. Ketika diaktifkan, MySQL hanya akan menerima koneksi soket lokal dan mengabaikan semua port TCP. Dan untuk membatasi MySQL supaya cuma bisa diakses oleh localhost, lakukan “bind-address” parameter dan set ke “127.0.0.1”.
  • Semisal MySQL terdiri dari banyak koneksi (koneksi tidak tetap/lebih dari satu), kamu bisa meningkatkan performanya dengan menyetting “thread_cache_size” ke value selain 0.

Untuk permulaan sebaiknya set valuenya ke 16. Naikkan valuenya sampai threads_created milikmu tidak overgrow.

  • NO_AUTO_VALUE_ON_ZERO akan menekan kenaikan otomatis untuk 0. Cuma NULL yang menghasilkan nomor urut berikutnya. Mode ini hanya akan bekerja jika 0 telah dimasukkan dalam kolom AUTO_INCREMENT tabel. (Ngomong-ngomong, memasukkan 0 sangat tidak disarankan.)
  • InnoDB akan melegakan memori yang terkait dengan tabel terbuka untuk meringankan beban memori pada sistem dengan tabel berjumlah banyak . Algoritma LRU akan memilih tabel yang telah berjalan paling lama tanpa pernah diakses. Kemudian agar tersimpan lebih banyak memori untuk tabel terbuka, tambahkan value “–table_definition_cache =# pada opsi configuration.
  • Setting parameter table_cache agar sesuai dengan jumlah tabel terbuka dan koneksi bersamaan. pantaulah value open_tables, kalau naik terlalu cepat, tambahlah ukuran “table_cache”. Dan untuk parameter “open_file_limit” masukkan “20+max_connections+table_cache*2”. Kalau kamu punya queries yang kompleks “sort_buffer_size” dan “tmp_table_size” akan sangat membantu. Sebuah value akan bergantung dari seberapa kompleks queries-nya dan resource yang tersedia. Kami merekomendasikan untuk menyiapkan 4Mb dan 32Mb sebagai permulaan.

Catatan: tips-tips di atas merupakan “per connection” value. Jadi, sebaiknya pertimbangkan ukuran dan memori yang tersedia yang tersedia saat kamu mengatur parameter ini. Contohnya, “sort_buffer_size” hanya digunakaan jika MySQL perlu diurutkan, hati-hati jangan sampai memori penuh.